Inilah Tingkatan-Tingkatan Iman Manusia

Kamis 28 Nov 2024 - 22:27 WIB

RADARLEBONG.BACAKORAN.CO - IMAN adalah  asas  utama  yang  menghubungkan  seorang  hamba  dengan  Allah  SwT  sebagai  Tuhannya.  Iman  akan  mendorong  seorang  hamba  untuk  melaksanakan  perintah-perintah-Nya  dan  menjauhi  larangan-larangan-Nya.  Dengan  iman  seorang  hamba  akan  memperoleh  kebahagiaan  di  dunia  dan  akhirat.

Yaitu  orang-orang  yang  beriman  dan  senantiasa  bertakwa.  Bagi  mereka  berita  gembira  di  dalam  kehidupan  di  dunia  dan  di  akhirat.  Tidak  ada  perubahan  bagi  janji-janji  Allah.  Demikian  itulah  kemenangan  yang  agung.  (Yunus  [10]:  63-64)

Sesungguhnya  orang-orang  yang  berkata;

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُوا۟ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسْتَقَٰمُوا۟ تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَبْشِرُوا۟ بِٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى كُنتُمْ تُوعَدُونَ

“Tuhan  kami  adalah  Allah” kemudian  mereka  meneguhkan  pendirian  mereka,  maka  malaikat-malaikat  akan  turun  kepada  mereka  (dengan  berkata),   “Janganlah  kamu  merasa  takut  dan  janganlah  kamu  bersedih  hati;  dan  bergembiralah  kamu  dengan  (memperoleh)  surga  yang  telah  dijanjikan  kepadamu.”  Kamilah  pelindung-pelindungmu  dalam  kehidupan  dunia  dan  akhirat;  di  dalamnya  (surga)  kamu  memperoleh  apa  yang  kamu  inginkan  dan  memperoleh  apa  yang  kamu  minta.  Sebagai  penghormatan  (bagimu)  dari  (Allah)  Yang  Maha  Pengampun,  Maha  Penyayang.”  (QS: Fushilat  [41]:  30-32)

Makna dan pokok-pokok iman

Secara  bahasa  iman  berasal  dari  kata  amana,  yu’minu,  imanan  yang  artinya  membenarkan.  Sebagaimana  disebutkan  Al-Quran  saat  mengisahkan  ucapan  saudara-saudara  Nabi  Yusuf  AS  kepada  ayah  mereka,  Nabi  Ya’kub  AS,  Dan  kamu  sekali-kali  tidak  akan  percaya  kepada  kami,  sekalipun  kami  orang-orang  yang  benar.  (QS: Yusuf  [12]:  17)

Baca Juga: Darimana Akar Asli Budaya Indonesia?

Adapun  secara  istilah  syar’i,  menurut  Abdul  Majid  Al-Jindani  dalam  karyanya  Ilm  al-Iman,  kata  iman  memiliki  beberapa  pengertian:

Pertama, membenarkan,  sebagaimana  dinyatakan  dalam  firman  Allah  SwT  dalam  Surat  Yusuf  ayat  17  di  atas.  Dalam  ayat  yang  lain,  Al-Qur’an  mengungkapkan  iman  dengan  kata  yaqin  (keyajinan  yang  berdasarkan  pada  bukti),  sebagaimana  disebutkan  dalam  firman-Nya,  Dan  kepada  akhirat,  mereka  meyakininya  (Al-Baqarah  [2]:  4).  Membenarkan  dan  meyakini  adalah  perbuatan  hati.

Sebagian  para  ulama  mendefinisikan  iman  sebagai  ucapan  dan  perbuatan,  yang  merupakan  ungkapan  hati.  Iman  dalam  makna  ini  berlawanan  dengan  kufur  yang  berarti  mengingkari  dan  mendustakan.  Dan  sebagian  ulama  berpendapat  bahwa  inilah  satu-satunya  makna  iman.

Kedua, mengikrarkan  dengan  lisan,  sebagaimana  dinyatakan  dalam  firman  Allah  SwT,  Katakanlah:

قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌

اَللّٰهُ الصَّمَدُ

“Dia-lah  Allah  Yang  Maha  Esa.  Allah  adalah  Tuhan  tempat  bergantung  segala  sesuatu.”  (QS: Al-Ikhlas  [112]:  1-2).

Makna  ini  juga  disebutkan  dalam  sabda  Rasulullah  ﷺ,  “Aku  diperintahkan  untuk  memerangi  manusia  sampai  mereka  mengatakan  tiada  Tuhan  selain  Allah. ”  (HR.  Bukhari,  Muslim,  Turmudzi,  Nasa’i,  dan  Abu  Dawud).

Nash-nash  Al-Qur’an  dan  hadits  di  atas  menunjukkan  bahwa  iman  adalah  ucapan  atau  ikrar  dengan  lisan.  Orang  kafir  tidak  dianggap  muslim  kecuali  ia  mengucapkan  dua  kalimat  syahadat.

Kecuali  jika  dia  bisu,  ia  dianggap  muslim  dengan  adanya  tanda-tanda  yang  menunjukkan  keimanannya.

Ketiga, perbuatan,  sebagaimana  dinyatakan  dalam  firman  Allah  SwT;

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الصّٰدِقُوْنَ

“Sesungguhnya  orang-orang  mukmin  yang  sebenarnya  adalah  mereka  yang  beriman  kepada  Allah  dan  Rasul-Nya  kemudian  mereka  tidak  ragu-ragu  dan  mereka  berjihad  dengan  harta  dan  jiwanya  di  jalan  Allah.  Mereka  itulah  orang-orang  yang  benar.”  (QS: Al-Hujurat  [49]:  15)

Ayat  ini  menjelaskan  tentang  orang-orang  yang  benar  imannya.  Dalam  ayat  ini  disebutkan  bahwa  jihad  adalah  salah  satu  sifat  iman.

Iman  dalam  pengertian  ini  juga  dinyatakan  dalam  sabda  Nabi  Muhammad  ﷺ,  “Mukmin  yang  paling  sempurna  imannya  adalah  yang  paling  baik  budi  pekertinya.”  (HR.  Ahmad,  Turmudzi  dan  Abu  Dawud).

Budi  pekerti  merupakan  perbuatan. Dari  penjelasan  di  atas,  nyatalah  bahwa  iman  adalah  keyakinan  dalam  hati,  pengakuan  dengan  lisan,  dan  perbuatan  dengan  anggota  badan.

Pokok  keimanan  yang  paling  utama  adalah:

Pertama, meyakini  Allah  SwT  sebagai  satu-satunya  Tuhan  yang  berhak  untuk  disembah. Kedua, beribadah  hanya  kepada  Allah  SwT  semata, ketiga,  mengikhlaskan  ketaatan  hanya  untuk  Allah  SwT  semata, keempat,  melakasanakan  ajaran  Islam  baik  secara  lahir  maupun  batin.

Sebagaimana  dikatakan  oleh  para  ulama,  empat  hal  ini  termasuk  pokok  keimanan  yang  sangat  penting  yang  akan  mengantarkan  pelakunya  mendapatkan  ridha  Allah  SwT,  dimasukkan  ke  dalam  surga,  dan  dijauhkan  dari  neraka.

Bahkan  Allah  SwT  mengabarkan  di  dalam  Al-Qur’an,  bahwasannya  dengan  keimanan  yang  sempurna  akan  diraih  kemuliaan  di  dunia  dan  akhirat.  (QS: Al-Hadid; 19)

Dalam  ayat  ini  Allah  SwT  mengabarkan  bahwa  siapa  saja  yang  merealisasikan  iman  kepada-Nya  dan  kepada  rasul-Nya,  niscaya  dia  akan  memperoleh  kedudukan  yang  tinggi.  Berkenaan  dengan  maksud  ayat  ini  Rasulullah  ﷺ  bersabda;

إِنَّ أَهْلَ الْجَنَّةِ لَيَتَرَاءَوْنَ أَهْلَ الْغُرَفِ مِنْ فَوْقِهِمْ، كَمَا تَتَرَاءَوْنَ الْكَوْكَبَ الدُّرِّيَّ الْغَابِرَ مِنَ الْأُفُقِ مِنَ الْمَشْرِقِ أَوِ الْمَغْرِبِ، لِتَفَاضُلِ مَا بَيْنَهُمْ» قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ تِلْكَ مَنَازِلُ الْأَنْبِيَاءِ لَا يَبْلُغُهَا غَيْرُهُمْ، قَالَ «بَلَى، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ رِجَالٌ آمَنُوا بِاللهِ وَصَدَّقُوا الْمُرْسَلِينَ

“Sesungguhnya  penghuni  Surga  benar-benar  bisa melihat  penghuni  kamar-kamar  di  surga  sebagaimana  kalian  bisa  melihat  bintang  timur  atau  barat  di  ufuk,  karena  perbedaan  keutamaan  di  antara  mereka. Mereka  para  sahabat  bertanya,  “ Wahai  Rasulullah,  itu  adalah  kedudukan  para  nabi  yang  tidak  bisa  dicapai  oleh  orang-orang  selain  mereka? ”  Beliau  menjawab,  “Tentu,  demi  Dzat  Yang  jiwaku  berada  di  Tangan-Nya,  (tapi  itu  juga  akan  diraih  oleh)  orang-orang  yang  beriman  kepada  Allah,dan  membenarkan  para  rasul.”   (HR:  Bukhari- Muslim).

Allah  SwT  memerintahkan  orang-orang  mukmin  untuk  beriman  kepada  Allah,  Rasul-Nya  dan  pokok-pokok  keimanan  yang  lainnya  dengan  penuh  keimanan  yang  totalitas.

Allah  SwT  juga  menyanjung  orang-orang  yang  konsisten  dalam  keimanannya.  Allah  SwT  berfirman;

قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَآ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَآ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْۚ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْۖ وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ

“Katakanlah  (hai  orang-orang  Mukmin),  “Kami beriman kepada  Allah dan  apa  yang  diturunkan  kepada  kami,  dan  apa  yang  diturunkan  kepada  Ibrahim,  Ismail,  Ishaq,  Yaqub,  dan  anak  cucunya,  dan  apa  yang  diberikan  kepada  Musa  dan  Isa  sertaapa  yang diberikan  kepada nabi-nabi  dari Tuhannya.  Kami  tidak  membeda-bedakan  seorang  pun  di  antara  mereka  dan kami hanya  tunduk  patuh  kepada-Nya.”  (QS: Al-Baqarah  [2]:  136)

Rasul telah  beriman  kepada  Al-Quran yang  ditrunkan  kepadanya  dari  Rabb-nya,  demikian  pula  orang-orang  yang  beriman.  Semuanya beriman  kepada Allah,  malaikat-malaikat-Nya,  kitab-kitab-Nya, dan  Rasul-rasul-Nya.  (Mereka  mengatakan);

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

“Kami  tidak  membeda-bedakan  antara seseorang  pun  (dengan  yang  lain)  dari Rasul-rasul-Nya,”  dan  mereka  mengatakan,  “Kami  dengar  dan  kami  taat.  (Mereka  berdoa),  Ampunilah  kami  ya  Tuhan  Kami  dan  kepada  Engkaulah  tempat  kembali.”   (QS: Al-Baqarah  [2]:  285).

Melalui  ayat  ini  Allah  SwT  mengabarkan  bahwasannya  Rasul  ﷺ  dan  orang-orang  beriman  yang  bersama  beliau,  beriman  kepada  Allah  dengan  penuh  totalitas  dan  konsisten  dalam  keimanannya.

Sikap  konsisten  mereka  itu  tergambar  dalam  ucapan  mereka  “kami  dengar  dan  kami  taat.”

Mereka  beriman  dengan  hati-hati  mereka,  tunduk  patuh  dengan  anggota  badan  mereka.  Dan  bersamaan  dengan  kokoh  dan  konsistennya  iman  dalam  hati  mereka,  keimanan  mereka  bertambah  setiap  kali  ayat-ayat  Allah  dibacakan  kepada  mereka,  serta  rasa  takut  dan  rasa  gentar  mereka  menjadi  bertambah  setiap  kali  disebutkan  nama  Allah.

Demikian  juga  hati  mereka  selalu  bertawakal  kepada  Allah,  bersandar  kepada-Nya  dalam  semua  urusan,  dan  menyerahkan  semua  perkara-perkara  mereka  hanya  kepada-Nya.

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتُهُۥ زَادَتْهُمْ إِيمَٰنًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

ٱلَّذِينَ يُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ

أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ حَقًّا ۚ لَّهُمْ دَرَجَٰتٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

 “Sesungguhnya  orang-orang  yang  beriman  adalah  mereka  yang  apabila  disebut  nama  Allah  gemetar  hatinya,  dan  apabila  dibacakan  ayat-ayat-Nya  kepada  mereka,  bertambah  (kuat)  imannya  dan  hanya  kepada  Tuhan  mereka  bertawakal,  (Yaitu)  orang-orang  yang  melaksanakan  shalat  dan  yang  menginfakkan  sebagian  dari  rezeki  yang  Kami  berikan  kepada  mereka.  Mereka  itulah  orang-orang  yang  benar-benar  beriman.  Mereka  akan  memperoleh  derajat  (tinggi)  di  sisi  Tuhannya  dan  ampunan  serta  rezeki  (nikmat)  yang  mulia.”  (QS: Al-Anfal  [8]:  2-4).

Maka  siapa  saja  yang  memiliki  karakter  seperti  ini,  maka  tidak  ada  lagi  kebaikan  yang  harus  dicapai,  dan  tidak  ada  lagi  keburukan  yang  harus  dijauhi  karena  mereka  telah  melaksanakan  semua  kebaikan  dan  menjauhi  semua  larangan.  Dan  Allah  memuji  mereka  dengan  firman-Nya,  “itulah  orang-orang  yang  beriman  dengan  sebenar-benarnya.”

Tiga tingkatan orang beriman

Orang  beriman  itu  bertingkat-tingkat  dalam  hal  iman  pada  hatinya.  Syaikhul  Islam  Ibnu  Taimiyah  mengatakan;  “Manusia  itu  bertingkat-tingkat  dalam  hal  iman  dan  ketakwaan.  Dalam  hal  kewalian  manusia  bertingkat-tingkat  karena  keimanan  dan  ketakwaan.  Begitu pula dalam  kekafiran dan kemunafikan  bertingkat-tingkat.”  (Majmu’ah  Al-Fatawa, 11:175).

Allah  SwT  berfirman:

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

“Kemudian  Kitab  itu  Kami  wariskan  kepada  orang-orang  yang  Kami  pilih  di  antara  hamba-hamba  Kami,  lalu  di  antara  mereka  ada  yang  menganiaya  diri  mereka  sendiri  dan  di  antara  mereka  ada  yang  pertengahan  dan  diantara  mereka  ada  (pula)  yang  lebih  dahulu  berbuat  kebaikan  dengan  izin  Allah.  Yang  demikian  itu  adalah  karunia  yang  amat  besar.”  (QS: Fathir  [35]:  32)

Berdasarkan  firman  Allah  di  atas,  maka  tingkatan  iman  seseorang  itu  terbagi  dalam  tiga  tingkatan:

Tingkat pertama;  Sabiqun  Muqarrabun:  Yaitu orang-orang  yang  melaksanakan  hal-hal  yang  wajib  dan  hal-hal  yang  sunnah,  serta  meninggalkan hal-hal  yang  haram,  hal-hal  yang  makruh,  dan  hal-hal  mubah yang  tidak ada manfaatnya.

Tingkatan kedua, Muqtasidun:  Yaitu  orang-orang  yang  melaksanakan  hal-hal  yang  wajib  dan  meninggalkan  hal-hal  yang  haram.

Tingkat ketiga, orang-orang  yang menzhalimi diri  mereka  sendiri:  Yaitu  orang-orang  yang  meninggalkan  sebagian  kewajiban-kewajiban  Iman  dan  melakukan  sebagian-sebagian  yang  diharamkan.

Masing-masing  tiap  tingkatan  ini,  para  pelakunya  juga  memiliki  tingkatan  yang  berbeda-beda.

Allah  SwT  seringkali  mengaitkan  iman  dengan  amal  shalih,  takwa dan  sabar,  adalah  dalam  rangka  supaya  tidak  ada  seorang  pun  yang  mengira  bahwa  iman  hanya  cukup  dengan  apa  yang  ada  di  dalam  hati  saja.

Dan  sampaikanlah  kabar  gembira  kepada  orang-orang  yang  beriman  dan  berbuat  kebajikan,  bahwa  untuk  mereka  (disediakan)  surga-surga  yang  mengalir  di  bawahnya  sungai-sungai.  Setiap  kali  mereka  diberi  rezeki  buah-buahan  dari  surga,  mereka  berkata;   

قَالُوۡا هٰذَا الَّذِىۡ رُزِقۡنَا مِنۡ قَبۡلُ وَاُتُوۡا بِهٖ مُتَشَابِهًا ‌ؕ وَلَهُمۡ فِيۡهَآ اَزۡوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ ‌ۙ وَّهُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ

“Inilah  rezeki  yang  diberikan  kepada  kami  dahulu.”  Mereka  telah  diberi  (buah-buahan)  yang  serupa.  Dan  di  sana  mereka  (memperoleh)  pasangan-pasangan  yang  suci.  Mereka  kekal  di  dalamnya.”  (QS: Al-Baqarah  [2]:  25)

Dan  orang  yang  beriman  dan  mengerjakan  amal  kebajikan,  kelak  akan  Kami  masukkan  ke  dalam  surga  yang  mengalir  di  bawahnya  sungai-sungai,  mereka  kekal  di  dalamnya  selama-lamanya.  Dan  janji  Allah  itu  benar.  Siapakah  yang  lebih  benar  perkataannya  daripada  Allah?  (QS: An-Nisa’  [4]:  122)

Iman  adalah  perkataan  dengan  lisan,  keyakinan  dalam  hati,  amalan  dengan  anggota  badan.  Tidak  disebut  beriman  kecuali  dengan  ucapan.

Tidak  manfaat  ucapan  kecuali  dengan  beramal.  Tidak  ada  amalan  kecuali  menjalankan  perintah-perintah  agama.  Ketiga  hal  ini  saling  melazimkan.  Ketiga  hal  ini  saling  terkait.  Sebagaimana  hadits  dari  An-Nu’man  bin  Basyir,  Nabi  ﷺ  bersabda;

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah  di  dalam  jasad  itu  ada  segumpal  daging.  Jika  ia  baik,  maka  seluruh  jasad  akan  ikut  baik.  Jika  ia  rusak,  maka  seluruh  jasad  akan  ikut  rusak.  Ingatlah  segumpal  daging  itu  adalah  hati.”  (HR.  Bukhari  dan  Muslim)

Amal  shalih  adalah  bagian  dari  iman  dan  merupakan  salah  satu  konsekuensi  iman,  karena  amal-amal  itulah  yang  akan  mewujudkan  iman.

Dari  hal  ini  maka  barangsiapa  yang  mengklaim  bahwa  dirinya  adalah  seorang  mukmin  namun  dia  tidak  melaksanakan  yang  diperintahkan  Allah  SwT  dan  Rasul-Nya  berupa  melaksanakan  perintah-perintah  dan  menjauhi  larangan,  maka  dia  bukanlah  orang  yang  jujur  dalam  keimanannya.

Hamba  yang  beriman,  dalam  dirinya  memiliki  kondisi-kondisi  dan  waktu-waktu  dimana  amal-amalnya  berjumlah  banyak  dan  konsisten  dalam  mengerjakannya,  dan  terkadang  sebaliknya.

Semua  ini  disebabkan  bertambah  dan  berkurangnya  iman,  serta  kuat  dan  lemahnya  iman  dalam  diri  seorang  mukmin.  Terkadang  seseorang  berada  di  puncak  imannya,  yaitu  mereka  dalam  keadaan  semangat  dalam  melakukan  suatu  ibadah.

Tapi  juga  membahas  tentang  suatu  kondisi,  di  mana  iman  lagi  masa-masa  di  bawah.  Bahkan  untuk  mengerjakan  suatu  ibadah  itu  terasa  sangat  malas.

Sahabat  Abu  Darda’  mengatakan:  “Di  antara  tanda  kefakihan  seorang  adalah  ia  senantiasa  memperhatikan  imannya  dan  segala  hal  yang  dapat  menguranginya.  Dan  di  antara  tanda  kefakihan  seseorang  adalah  mengetahui  kondisi  imannya,  apakah  sedang  bertambah  atau  berkurang.”

Imam  Ahmad  bin  Hambal mengatakan,  “Iman  adalah  perkataan  dan  perbuatan.  Iman  bisa  bertambah  dan  berkurang.  Iman  akan  naik  dengan  ketaatan  (perbuatan  baik) dan  turun  dengan  kemaksiatan  (perbuatan  buruk).”

Dahulu  orang-orang  pilihan  dari  generasi  terbaik  umat  ini  dan  orang-orang  yang  menaruh  perhatian  terhadap  iman  di  antara  mereka,  konsisten  dengan  keimanan  mereka  disetiap  waktu.  Mereka  bersungguh-sungguh  untuk  membuat  imannya  bertambah,  dan  untuk  menepis  penyimpangan-penyimpangan  yang  dapat  mengurangi  iman,  mereka  memohon  kepada  Allah  SwT  agar  Dia  meneguhkan  keimanan  mereka,  dan  agar  Dia  membuat  keimanan  mereka  bertambah. (net)

Kategori :